Home > Sisipan Lokakarya > Bakso President, Bakso Pinggir Rel, Baksonya Artis


Bakso President, Bakso Pinggir Rel, Baksonya Artis

Oleh Herawati Sikumbang (11 Desember 2010),  http://ksupointer.com

bakso-president-2010-12-10-2

Semangkok Bakso President.

Jika Anda berkunjung ke Malang, janganlah lupa untuk mencicipi bakso. Ya, Malang sangat terkenal dengan baksonya, dan hampir di setiap tempat ada penjual bakso, ada yang dijual keliling, warung tenda, sampai di pusat-pusat perbelanjaan. Oskab, begitulah biasanya warga Malang menyebutkan bakso dengan dialek Boso Walikan. Udara Malang yang sejuk memang cocok ditemani semangkok bakso yang lezat. Salah satu bakso yang sangat terkenal di Malang adalah Bakso President, lokasinya berada di Jalan Batanghari 5.

Komponen baksonya beragam, ada bakso biasa, bakso urat, bakso telur, siomay, dan bakso goreng. Tekstur baksonya empuk. Kuah baksonya lezat walaupun belum ditambahi kecap dan saus. Di sini juga disediakan lontong yang dibungkus daun pisang sebagai pengganti nasi. Jangan lupa mencicipi bakso gorengnya, seperti bakso goreng udang. Kalau ada peribahasa ada udang di balik batu, kalau ini ada udang di dalam bakso goreng, rasanya enak sekali.

 

Harga satuan baksonya bervariasi mulai dari Rp 1.500 sampai dengan Rp 5.500. Jika Anda bingung memilih bakso mana saja yang mau dimakan, sebaiknya Anda memilih yang sudah dibuat paketan. Harga per paket bervariasi mulai dari Rp 7.500 sampai dengan Rp 17.500.

bakso-president-2010-12-10-6bakso-president-2010-12-10-3

Daftar menu dan harga Bakso President.

Selain menjual bakso kuah dan goreng, juga ada keripik bakso. Keripik ini dapat dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang melakukan perjalanan jauh. Rasa keripiknya enak, gurih, dan renyah. Ada dua ukuran, yang kecil harganya Rp 3.000 dan yang besar harganya Rp 15.000.

Setiap hari Bakso President buka mulai pukul 9 pagi sampai pukul 10 malam. Tempat ini selalu ramai pengunjung, apalagi di musim liburan. Di sana kita akan melihat gambar-gambar artis yang datang berkunjung untuk mencicipi bakso yang sangat terkenal di Kota Malang ini, ada Uya, Sahnaz Haque, Nugie, Ari Laso, Baron, Lena Tan, Julia Perez, Inul Daratista, Tere, dan masih banyak lagi.

bakso-president-2010-12-10-4
Gambar-gambar artis yang pernah datang ke Bakso President dipajang di dinding warung.

Bakso President juga melayani pembelian khusus untuk acara-acara keluarga seperti ulang tahun, pernikahan, dan lain-lain. Pesanan tidak dibatasi jumlahnya karena pasti akan diantar langsung ke tempat. Sewaktu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Malang, Bakso President juga menjadi menu khusus yang dipesan dan disajikan untuk rombongan presiden.

Satu lagi yang khas dari Bakso President ini, lokasinya berada di pinggiran rel kereta api. Jadi jangan kaget, jika suatu waktu kita akan merasakan getaran kereta api yang lewat. Selain sebagai tempat makan, bisa sekaligus menjadi tempat berwisata keluarga. Anak-anak kecil biasanya suka melihat kereta api.

 

Bangunan warungnya sederhana, dindingnya dilapisi anyaman bambu sehingga menghadirkan nuansa yang berbeda dengan warung-warung bakso ternama lainnya. Pembeli bisa memilih makan di dalam warung atau di luarnya. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan suasana yang berbeda, kehidupan di pinggiran rel kereta api, Anda bisa memilih makan baksonya di luar saja.

bakso-president-2010-12-10-5bakso-president-2010-12-10-1

Suasana yang ditawarkan Bakso President, di dalam ruangan dan di pinggir rel kereta api.

Bakso President berawal dari kegigihan dan keuletan Bapak H. Abd. Ghoni Sugito. Beliau berjualan bakso sejak tahun1977, waktu itu masih menjadi penjual bakso pikul keliling yang bahannya diambil dari orang lain. Rekan-rekannya sesama penjual bakso keliling biasanya paling laris bisa mendapatkan Rp 3.500 dalam seharinya, tetapi Pak Sugito ini dapat menghasilkan sampai Rp 10.000. Itu karena bahan yang diambil dari juragannya dimodifikasi terlebih dahulu sehingga mendapatkan cita rasa yang istimewa. Akhirnya terkumpullah modal untuk mandiri.

Pada tahun 1980, beliau sudah memiliki 15 gerobak keliling. Usahanya semakin maju dan akhirnya dimulailah untuk berjualan menetap. Awalnya dengan warung tenda di Pasar Senggol (Pasar Burung sekarang) pada tahun 1983. Kemudian karena lokasi itu terkena proyek bangunan, lokasi berjualan diputuskan pindah ke tempat lain. Dengan pertimbangan mencari lokasi yang ramai pengunjungnya maka dipilihlah berjualan di belakang Bioskop President (Mitra 2 Departement Store sekarang). Itulah makanya usaha Beliau dinamakan Bakso President.

Saat ini ada 4 cabang Bakso President di Malang yaitu di Pulosari, Pandean, Sulfat, dan Pujasera Toko Buku Siswa. Selain di Malang juga ada cabangnya di Palembang, agar keaslian rasa Bakso President tetap terjaga, maka bumbu dasar bakso yang dikirim ke sana, sedangkan baksonya dibuat di sana.

Pak Sugito sendiri terus berinovasi menciptakan jenis-jenis bakso namun tetap menjaga cita rasa baksonya. Bahan dagingnya pun selalu pilihan, khusus dipesan sendiri. Penggilingan dan pengolahan juga dilakukan sendiri karena itulah baksonya dibuat tanpa bahan pengawet. Hal ini dibuktikan dengan adanya surat yang dikeluarkan oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Jawa timur. Dalam surat itu dinyatakan bahwa Bakso President bersih dan bebas dari bahan kimia berbahaya termasuk formalin, serta halal.

Bakso President bersama beberapa bakso besar lainnya di Kota Malang juga ikut berpatisipasi dalam pemecahan rekor Musium Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Rekor yang dipecahkan adalah rekor bakso bakar terpanjang. Tusuk sate dibuat sepanjang 200 meter, bakso yang digunakan sebanyak 10 ribu buah, dan dibakar oleh 200 orang.

bakso-president-2010-12-10-7

Warung Bakso President.
  1. No comments yet.
*